Sebenarnya banyak sekali cara mengatasi gigi berlubang secara alami sehingga Anda tidak perlu melakukan tambal yang saat ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi gigi berlubang.

  1. Menyikat gigi dengan teratur

Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak terlalu peduli tentang pentingnya menyikat gigi, tidak heran jika saat ini masih banyak masyarakat yang menyikat gigi secara asal-asalan. Padahal sikat gigi merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya gigi berlubang, hal ini dikarenakan kegiatan menyikat gigi dapat menghilangkan bekas makanan yang tertinggal di gigi. Oleh sebab itu usaha untuk menyikat gigi terutama pada saat malam hari dengan durasinya 1 hingga 2 menit, sebab apabila menyikat terlalu lama juga akan menjadi pemicu terjadinya gigi berlubang juga.

  1. Memilih sikat gigi yang tepat

Selain memperhatikan cara sikat gigi, melakukan pemilihan sikat gigi juga tidak kalah penting. Sebab ketika melakukan penyikatan gigi, tidak semua gigi dapat tersikat dengan baik, umumnya gigi bagian belakang sering mengalami masalah karena tidak dapat dijangkau. Oleh sebab itu pilihlah sikat gigi yang flexible sehingga bisa mengikuti bentuk mulut, hindarilah menggunakan sikat gigi yang bagian kepalanya terlalu besar sebab hal ini bisa membuat Anda sulit ketika menyikat gigi. Dengan menggunakan sikat gigi seperti ini maka dapat menghindari terbentuknya kerak gigi.

  1. Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis tidak hanya berfungsi dalam makanan saja, namun juga dapat mencegah terbentuknya lubang pada gigi. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat vitamin C yang tidak hanya mencegah namun juga dapat meredam sakit gigi, cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda dapat meneteskan air jeruk nipis di bagian gigi berlubang, lalu diamkan selama 10 menit. Lakukanlah hal ini dengan teratur hingga dapat meringankan kondisi gigi yang berlubang, apalagi menemukan jeruk nipis sangatlah mudah mengingat bahan ini sering digunakan.

  1. Berkumur dengan garam

cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa harus tambal

Manfaat garam untuk gigi sebenarnya sudah banyak diketahui, dimana garam biasanya digunakan untuk meredakan sakit gigi. Hal ini dikarenakan di dalam garam terkandung yodium yang dapat meringankan rasa sakit, namun menggunakan garam tidak dapat asal saja dimana dilarang untuk mengunyah secara langsung karena dapat merusak gigi. Untuk menggunakan garam adalah dengan melarutkannya di dalam air hangat dan kumur-kumur secara berulang-ulang,  namun jangan sampai Anda menelan air tersebut karena telah terdapat bakteri di dalamnya sehingga berbahaya.

  1. Menggunakan belimbing wuluh

Belimbing wuluh sudah sering digunakan oleh masyarakat di dalam makanan karena memiliki rasa asam, rasa asam ini ditimbulkan karena di dalamnya terdapat vitamin C sehingga dapat mengatasi berbagai masalah pada gigi. Oleh sebab itu Anda dapat mengkonsumsinya langsung dengan mengunyahnya pada bagian gigi yang berlubang sehingga dapat menghilangkan bakteri di dalamnya. Namun apabila Anda tidak suka dengan rasa asamnya yang tajam maka dapat mencampurkan sedikit garam kepada belimbing wuluh sehingga rasanya tidak terlalu asam.

  1. Menyemprotkan cairan cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah yang sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satu manfaat cengkeh adalah meredakan rasa sakit gigi. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan antioksidan, anestesi, dan antibakteri di dalamnya, Anda dapat menyemprotkan cairan cengkeh pada kapas maupun tisu yang nantinya ditempelkan pada bagian gigi yang berlubang. Tentunya cara mengatasi gigi berlubang ini sangatlah mudah.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Cara Alami Tanpa Harus Tambal
Tag pada: