Bagi setiap wanita, memberikan asi ibu hal yang terbaik kepada sang buah hati adalah prioritas utama. Seperti halnya bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya, sudah pasti menginginkan agar gizi si kecil terpenuhi dengan baik. Pada bayi yang baru lahir hingga usianya mencapai enam bulan, tidak ada makanan apapun yang bisa diberikan selain ASI. Ya, air susu ibu menjadi makanan utama bagi si kecil selama enam bulan atau lebih jika diperlukan dan didampingi makanan lainnya. Namun, tidak semua ibu bisa memiliki ASI yang lancar dan sehat untuk si kecil. Begini caranya memperbanyak ASI secara alami, yuk simak!

asi

1. Memompa ASI

Pompa payudara adalah cara yang sudah banyak dilakukan bagi ibu menyusui yang memiliki produksi ASI sedikit. Memompa payudara juga berguna untuk meningkatkan rangsangan produksi ASI jika dilakukan pada saat yang tepat, misalnya di antara waktu menyusui. Lakukan pompa payudara setidaknya selama 10 menit untuk mendapatkan ASI yang lebih lancar.

asi ibu

2. Memijat Payudara

Pemijatan yang tepat pada payudara juga akan berpengaruh pada produksi ASI yang semakin tinggi. Langkah memijat payudara yang tepat dan efektif bisa melancarkan produksi ASI dan sebaiknya dilakukan pada pukul 2-5 pagi karena waktu tersebut adalah saat produksi hormon penghasil ASI semakin meningkat.

3. Jangan Berhenti

Memutuskan berhenti menyusui karena ASI ynag tidak mau keluar adalah keputusan yang tidak tepat. Hal ini bisa menyebabkan payudara pun tidak konsisten memproduksi ASI. Gunakan payudara secara bergantian meskipun ASI tidak lancar untuk semakin merangsang produksi ASI tersebut.

4. Suasana Tenang

Sensitif adalah sifat alami yang dimiliki bayi yang bisa saja berpengaruh pada keinginannya untuk menyusu. Oleh sebab itu, usahakan agar bayi tidak terganggu ketika masanya menyusu dan dalam waktu yang lama.

5. Menyusui Tiap 2-3 Jam

Bayi yang baru lahir diperkirakan akan menyusu sebanyak 12 kali dalam sehari. Nah, ini adalah saat yang tepat untuk anda memproduksi ASI sebanyak mungkin dengan cara menyusui si kecil setiap 2-3 jam, termasuk ketika bayi dalam kondisi tertidur, untuk menjaga nutrisi bayi tetap terpenuhi.

6. Stabilkan Emosi dan Pola Tidur

Kondisi emosi seorang ibu tentu harus tetap terjaga jika ingin produksi ASI semakin lancar. Pikiran yang stres atau terganggu masalah tertentu akan memengaruhi jumlah ASI setiap harinya. Apalagi ketika ibu tidak memperhatikan jadwal istirahat yang baik. Hindari terlalu banyak kegiatan dan usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup selama ibu masih menyusui.

7. Kurangi Obat Tertentu

Hindatilah mengonsumsi obat-obatan tertentu selain suplemen untuk menambahkan produksi ASI. Suplemen memang tidak disalahkan untuk dikonsumsi dengan catatan, anda akan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter mengenai langkah anda tersebut.

8. Air Putih

Air putih adalah resep alami yang disarankan untuk menunjang cairan tubuh agar tidak habis terkuras terutama saat menyusui. Dehidrasi juga menjadi pemicu berkurangnya produksi ASI bagi ibu menyusui.

9. Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi dengan kadar vitamin, mineral akan membantu ibu dalam kondisi yang prima. Inilah yang kemudian berpengaruh pada sistem hormonal yang kemudian akan membantu ibu secara alami untuk meningkatkan ASI.

10. Bahan Alami Penunjang Produksi ASI

Banyak bahan alami yang sudah disediakan oleh alam untuk membantu memproduksi ASI lebih banyak. Bahan tersebut diantaranya berupa tanaman herbal seperti daun katuk, dauk kelor, daun salam, dan masih banyak lagi untuk menunjang peningkatan produksi ASI. Beberapa bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai penunjang produksi ASI antara lain;

  • Jenis sayuran seperti bayam, wortel, kemangi, labu, bayam merah
  • Kacang-kacangan, misalnya almond,mete, biji jinten hitam
  • Fenugreek

Itulah beberapa cara untuk memperbanyak ASI yang bisa diterapkan secara alami. Anda bisa memberikan ASI kapan saja pada buah hati tercinta tanpa cemas ASI susah keluar dan semacamnya. Semoga bermanfaat!

Perbanyak ASI ibu Secara Alami !!!
Tag pada: